Inilah 5 Cara Menjadi Ibu yang Baik bagi Anak Laki-laki  

Cara Menjadi Ibu Yang Baik Seorang ibu adalah sosok yang selalu ada untuk anak-anak dan keluarga, bahkan menurut Wahington Irving, seorang Sejarahwan dari Amerika mengatakan bahwa ibu adalah sahabat sejati yang akan tetap bersama kita disetiap kondisi, baik senang maupun susah. Dalam kehidupan rumah tangga pun sosok ibu selalu mendominasi setiap peran, mulai dari memberikan kasih sayang ke semua pihak, mengurus rumah, atau bahkan menjadi tempat curhat.

Namun, dalam hal ini seorang ibu juga harus mampu menjalankan setiap perannya dengan maksimal, khususnya dalam peran memberi edukasi dan mendidik anak-anak di rumah. Bahkan untuk menjalankan peran ini juga tidak boleh asal, melainkan ada caranya tersendiri. Seperti misalnya bagi Anda yang memiliki anak laki-laki, sebaiknya Anda mendidik mereka dengan cara yang tepat. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini:

Cara Menjadi Ibu yang Baik bagi Anak Laki-laki

  1. Membiasakan Bangun Pagi

Pada dasarnya, membiasakan anak-anak untuk bangun pagi memang menjadi kewajiban para orang tua. Terlepas itu anak perempuan ataupun laki-laki, yang jelas bangun pagi harus dijadikan kebiasaan karena sangat baik bagi kesehatan. Dengan membiasakan diri bangun pagi, bukan hanya kondisi tubuh saja yang akan menjadi lebih segar, melainkan juga dapat melatih kedisiplinan sehingga anak-anak akan terbiasa untuk tepat waktu.

  1. Tidak Menuruti Semua Keinginannya

Ketika sang anak meminta sesuatu kepada Kita, maka rasa kasih sayang biasanya akan timbul dan membuat Kita berusaha untuk selalu menuruti semua keinginannya. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan, terlebih kepada anak laki-laki karena hanya akan membuat mereka terbiasa dengan hal-hal instan.

Sebagai gantinya, cobalah untuk memberikan pengertian bahwa ketika mereka menginginkan sesuatu, maka harus ada nilai usaha dari diri mereka sendiri, seperti misalnya menabung, membantu pekerjaan rumah, atau bahkan melakukan hal-hal lainnya sampai nanti bisa dijadikan reward untuk kemudian ditukar dengan apa yang mereka inginkan.

  1. Membiarkan Mereka Bermain Video Game

Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang tua akan melarang anak laki-lakinya bermain video game dengan alasan bahwa video game tersebut hanya akan membuat mereka menjadi anak yang malas. Padahal faktanya, bermain video game dalam waktu yang tidak terlalu berlebihan juga bisa mengasah kemampuan motorik anak laki-laki yang mana akan membuatnya lebih kreatif dan mudah menguasai bahasa asing.

  1. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Gadget

Di era seperti sekarang ini, gadget memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Namun, bagi anak-anak, gadget tentu bukan menjadi kebutuhan karena mereka memang belum bisa memaksimalkan fungsi dari gadget itu sendiri. Oleh karena itu, batasilah penggunaan gadget bagi mereka.

Bukan berarti mereka tidak boleh memegang gadget sama sekali, namun awasilah penggunaannya agar aplikasi yang dibuka benar-benar aplikasi yang bermanfaat dan efektif merangsang kecerdasan anak, seperti misalnya aplikasi permainan bongkar pasang ataupun game asah otak lainnya.

  1. Mengajarkan Tanggung Jawab

 Anak laki-laki adalah calon dari seorang pria yang tangguh. Untuk itu, pastikan mereka mengetahui arti dari ‘Tanggung Jawab’. Ya, dalam hal ini Anda memang harus mengajarkan tanggung jawab kepada mereka, seperti misalnya ketika mereka memecahkan vas bunga atau bahkan merusak benda lainnya, maka Anda bisa mengajarkan kepada mereka bagaimana cara untuk membereskan sisah-sisah barang yang dirusaknya tersebut. Tentunya hal ini juga harus diawasi supaya sang buah hati tidak terluka dan tetap mendapat ‘pesan’ dari tanggung jawab yang ingin Anda ajarkan.

Nah, demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan seputar cara menjadi ibu yang baik bagi anak laki-laki, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu melindungi kesehatan anak dari ancaman kuman penyakit dengan cara memastikan bahwa anak-anak selalu mencuci tangan ataupun mandi dengan sabun antibakteri dari Lifebuoy.

Leave a Reply