4 Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci Secara Alami

Panci memang menjadi piranti memasak yang sering digunakan, maka jangan heran banyak sejarah terbentuk selama memakainya. Tidak menutup kemungkinan salah satu panci andalan Anda di dapur bernoda kerak akibat gosong saat mengolah makanan. Ada beberapa cara menghilangkan kerak pada panci supaya bersih total kembali sehingga tidak harus membeli yang baru. Apalagi harga panci tentu tidak bisa dikatakan murah terlebih untuk ukuran besar serta bahan yang memang berkualitas.

Noda gosong ini mungkin saja terjadi ketika memasak dalam jumlah besar atau mengolah menu yang perlu dimasak cukup lama. Misalnya membuat rendang, serundeng, abon, dan sejenisnya sehingga panci yang dipakai alhasil menciptakan kerak baik di bagian dalam maupun luar. Anda tentu dibuat bingung mengenai solusi terbaik menghilangkan kerak tersebut tanpa membuat panci menjadi cacat. Sehingga hindari pemakaian kawat kalau tidak mau membuat panci tersebut dalam sekian detik menjadi rongsokan.

Cara Terbaik Menghilangkan Kerak Pada Panci

Supaya panci kesayangan kembali seperti baru maka berikut merupakan beberapa tips menghilangkan kerak pada panci secara alami yang wajib dicoba:

  1. Rendam dulu dengan air panas,

Mengatasi kerak akibat masakan yang gosok dan meninggalkan jejak di panci bisa dengan memakai air panas. Anda cukup memanaskan air secukupnya kemudian tuang di atas panci yang berkerak tadi. Diamkan sekitar satu jam atau lebih baru kemudian dicuci seperti biasa, dijamin kerak ini akan ikut luruh bersama air panas tadi.

  1. Panaskan di dalam oven,

Cara lain yang juga sangat efektif untuk dicoba adalah dengan memanaskan panci tersebut ke dalam oven. Sebenarnya metode ini tidak beda jauh dengan metode pertama karena sebelum masuk ke oven. Panci berkerak ini perlu diisi dengan sedikit air minimal sampai kerak terendam semua dengan air tersebut. Baru kemudian dimasukkan ke dalam oven lalu dipanaskan sampai air terlihat mendidih dan biarkan beberapa detik. Sebelum diambil diamkan dulu pancinya selama satu jam baru dicuci seperti biasanya.

  1. Taburkan sedikit soda kue,

Khusus untuk kerak yang lumayan tebal dan dijamin lebih bandel dianjurkan untuk mengandalkan soda kue. Tidak hanya ditaburkan begitu saja melainkan dicampur dulu dengan sedikit air sampai terbentuk seperti pasta gigi. Baru kemudian adonan ini dioleskan ke panci yang telah berkerak secara merata dan didiamkan selama 1-2 jam atau bisa juga lebih lama. Baru kemudian dicuci memakai sabun seperti biasanya, pasta soda kue ini akan mengikis kerak tersebut secara maksimal.

  1. Oleskan minyak sayur secara merata,

Opsional lain untuk mengatasi penumpukan kerak masakan yang tersisa di dasar panci adalah memakai minyak sayur. Minyak sayur yang biasa Anda pakai untuk menumis maupun menggoreng makanan bisa membantu mengatasi masalah ini. caranya bahkan sangat simpel cukup mengoleskan minyak sayur ke area yang tertutup kerak dan diamkan beberapa jam. Kemudian dicuci seperti biasa, sehingga kerak ini akan melunak setelah terkena minyak tersebut.

Kerak pada panci baiknya segera diatasi jangan sampai ditunda kalau tidak ingin membuatnya semakin parah. Apalagi kalau panci ini sering dipakai untuk memasak maka jangan sampai sampah di kerak tersebut ikut terbawa masuk ke perut saat bersantap. Nah, pastikan mencuci panci terbaik Anda dengan Sunlight untuk hasil terbaik, tidak hanya bersih total namun juga wangi. Akan lebih baik memakai cara menghilangkan kerak pada panci bersama Sunlight, sehingga murah dan mudah.

Sumber : http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/890912/cara-membersihkan-panci-masak-stainless-steel

Leave a Reply