Tinggal di Apartemen Biaya Listriknya Lebih Mahal? Ini Penyebabnya!

Tinggal di Apartemen Biaya Listriknya Lebih Mahal? Ini Penyebabnya!

Sewa apartemen di Jakarta dan kota-kota besar lainnya sudah jadi salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan jaman sekarang. Hunian yang terkesan mewah dan exclusive ini memang digadang-gadang menjadi konsep hunian masa depan di mana ruang terbuka untuk perumahaan dan perkampungan akan semakin sempit. Saat ini, tinggal di apartemen masih dianggap sebagai sesuatu yang “elit”. Biaya sewa yang memang masih di atas rata-rata dan juga biaya tambahan lain seperti biaya listrik yang cukup tinggi menjadi alasannya.

Menyoal tentang biaya listrik di apartemen yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya listrik pada rumah tangga pada umumnya, hal ini memang menjadi persoalan sendiri di tengah masyarakat. Bahkan banyak penghuni apartemen yang merasa keberatan dengan biaya listrik di apartemen yang sangat tinggi. Sebenarnya, apa penyebab tingginya biaya listrik di apartemen? Jika Anda penasaran dengan hal ini, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Bukan Hanya Biaya Listrik untuk Tiap Unit

Alasan utama mengapa biaya listrik yang harus dibayar oleh penyewa apartemen jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya listrik di rumah-rumah biasa adalah karena mereka tidak hanya membayar biaya listrik untuk unit mereka saja. Seperti yang diketahui, apartemen memang tidak hanya berupa unit hunian saja. Ada banyak ruangan dan fasilitas seperti tempat fitness/gym, lounge, lapangan tenis, tempat bermain anak, dan lain sebagainya. Tempat-tempat ini juga butuh aliran listrik.

Siapa yang akan menanggung biaya listrik di fasilitas-fasilitas umum ini? Tentu saja penyewa apartemen. Karena itulah penagihan biaya kepada pemilik atau penyewa apartemen tidak hanya mencakup pemakaian listrik di masing-masing unit saja tapi juga ditambah biaya pemakaian listrik untuk fasilitas umum di dalam kawasan apartemen tersebut. Pada dasarnya inilah mengapa tarif listrik yang dibebankan pada penyewa apartemen akan jauh berbeda, jauh lebih mahal tepatnya, dengan tarif listrik listrik orang-orang yang tinggal di perumahan pada umumnya atau di rumah-rumah biasa.

 

  1. Tagihan Biaya Air (PDAM) Menggunakan Peraturan yang Sama

Tidak hanya masalah biaya listrik saja yang lebih mahal di apartemen karena menanggung biaya unit dan fasilitas umum, biaya air pun demikian. Jika Anda tinggal di apartemen, maka jangan heran kalau biaya layanan air atau PDAM di apartemen juga terbilang jauh lebih mahal. Fasilitas-fasilitas umum di apartemen tentu juga butuh suplai air, karenanya, penghuni atau penyewa apartemen haruslah menanggung biaya air juga. Apalagi jika di apartemen tersebut terdapat kolam renang yang tentu membutuhkan pasokan air dalam jumlah banyak, biaya airnya akan dibebankan secara merata pada seluruh penghuni apartemen. Inilah mengapa sewa apartemen di Jakarta dan di kota besar-besar lainnya tidak murah biayanya. Tak ayal, apartemen kini masih identik dengan hunian kelas elit mengingat memang tidak murah untuk tinggal di tempat seperti ini.

Jika Anda sedang mencari sewa apartemen di Jakarta, baik yang biaya sewanya murah atau yang lokasinya strategis, dekat dengan berbagai tempat wisata di Jakarta, Anda bisa menggunakan aplikasi Mamikos. Mamikos yang dulu terkenal sebagai aplikasi pencari kos-kosan kini telah melebarkan sayap ke bidang apartemen juga. Dengan menggunakan aplikasi Mamikos yang bisa diunduh dari Google PlayStore maupun AppleStore, Anda bisa menemukan aneka pilihan apartemen di kota-kota besar Indonesia. Sewa apartemen di Jakarta dan di kota-kota lain akan jauh menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi Mamikos.